Kesehatan Tangan
Kesehatan tangan anda lebih penting daripada sekedar mengetik

Kesehatan Tangan – Mengetik merupakan sebuah hal yang biasa pada era komputer masa kini. Bahkan mengetik merupakan keharusan bagi semua orang untuk menjalankan aktifitas yang hampir seluruhnya komputerisasi.

Secara tidak sadar kita belajar mengetik dengan otodidak tanpa memperhatikan berbagai macam aspek, mulai dari kenyamanan hingga kesehatan. Tahukah anda bahwa mengetik yang tidak sesuai dengan standar operasional (lebih simpelnya terlalu membebani) tangan anda, akan berpengaruh terhadap kesehatan tangan anda?
Teknew mengutip artikel dari beberapa blog:
Mengetik di komputer ataupun di telepon genggam dengan posisi yang salah, ternyata dapat membuat persendian tangan terjepit. Cedera ini dikenal dengan sebutan carpal tunnel syndrome (CTS), dan penyebabnya adalah sendi yang terjepit atau otot tangan yang tegang.
Sumber: http://fbclick.tk/YyLGP
Anda patut waspada jika aktivitas sehari-hari yang dilakukan adalah mengetik. Tidak hanya mengetik menggunakan komputer saja yang patut diwaspadai, ternyata mengetik tombol pada ponsel Anda pun dapat menyebabkan peradangan dan terjepitnya simpul syaraf.
Konsultan Neurologis Departemen Neurologi FKUI RSCM dr. Manfaluthy Sp.S(K) menjelaskan bahwa syaraf kemungkinan dapat terjepit jika melakukan gerakan berulang-ulang dalam waktu yang lama. Penggunaan jari, pergelangan tangan, siku, dan lengan yang terlalu lama saat mengetik dapat memicu syaraf terjepit dan luka. Jari dan lengan bisa tegang dan kurang rileks.
Sumber: http://fbclick.tk/a4Nwl
 
Penulis yakin sebagian dari pembaca tidak memperhatikan hal-hal diatas. Oleh karena itu marilah kita jaga tangan kita mulai dari sekarang. Pengalaman dari saya, beberapa bulan terakhir ini penulis merasakan sakit pada kedua tangan. Mulanya sakit di pergelangan tangan. Kemudian beberapa bulan kemudian menjalar hingga lengan serta bahu.
Saya hanya berbagi pengalaman yang saya alami, mudah-mudahan anda sekalian tidak mengalami sakit seperti yang penulis rasakan. Penulis punya tips yang dapat menghindari sakit seperti yang penulis alami.
1. Siapkan air putih di samping anda,  minumlah air putih setiap maximal 1 jam selama di depan komputer. Hal ini untuk menghindari dehidrasi serta memperlancar sirkulasi darah pada tumbuh anda.
2. Usahakan setiap 30 menit sekali melakukan perenggangan tangan serta istirahat sejenak.
3. Tentukan schedule/waktu untuk anda mengoperasikan komputer. Jangan melebihi 5 jam. Lebih baik lagi jangan melebihi 3 jam bekerja di depan komputer.
4. Ingat waktu makan, minum, mandi, sholat serta kerpeluan lainnya. hal ini untuk melatih kita supaya tidak terlalu lama-lama di depan komputer.
5. Penulis menyadari, usaha ini akan sulit dilakukan oleh seseorang yang sebagian hidupnya dijalani dengan komputer seperti penulis. Tapi, ingatlah! bahwa kesehatan tangan anda lebih penting dari pada pekerjaan anda.
By, Self Experience…!!!
keep your health, then health will keep your life.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *